Kompas.com - 23/07/2016, 18:35 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Katarak merupakan penyakit degeneratif yang biasanya muncul pada usia lanjut. Katarak tidak bisa dicegah, tetapi kemunculannya bisa diperlambat.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan katarak lebih cepat muncul dan mengganggu penglihatan. Salah satunya adalah karena adanya penyakit diabetes melitus.

Dokter spesialis mata Nasrul Ikhsan mengungkapkan, orang yang gula darahnya tidak terkontrol, lebih berisiko mengalami mata katarak lebih cepat.

"Kadar gula darah memengaruhi sel-sel lensa untuk bermigrasi. Lensa cepat degenerasi," kata Nasrul seusai acara Kick Off 910 Operasi Katarak di JEC Kedoya, Jakarta, Sabtu (23/7/2016).

Untuk memperlambat munculnya katarak, pasien diabetes harus mengendalikan kadar gula darahnya. Mengontrol gula darah juga sangat baik untuk mencegah komplikasi penyakit lain.

Selain katarak, diabetes juga meningkatkan risiko retinopati diabetik. Penyakit ini menyerang retina mata yang juga bisa menyebabkan kebutaan.

Ketua Satuan Penanggulangan Buta Katarak Perdami, Yeni Dwi Lestari, menambahkan, selain faktor usia, yang mempercepat munculnya katrak adalah karena sering terpapar sinar ultraviolet. Indonesia merupakan negara yang dilintasi garis khatulistiwa.

"Di luar negeri, katarak kebanyakan mulainya pada usia 60 tahun. Tapi di Indonesia bisa lebih awal," kata Yeni. Sebagai negara tropis, penduduk Indonesia cenderung terkena katarak 15 tahun lebih cepat dibanding penduduk di daerah subtropik.

Indonesia pun menempati urutan kedua sebagai negara dengan pasien katarak terbanyak di dunia setelah Ethiopia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.