Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2016, 12:10 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Diperkirakan 1 dari 8 pasangan harus menghadapi ketidaksuburan atau infertilitas. Salah satu tanda pasangan tidak subur adalah tidak bisa hamil walau melakukan hubungan seks tanpa kontrasepsi selama 6 - 12 bulan.

Berikut adalah tanda-tanda ketidaksuburan lainnya.

1. Haid tidak teratur atau tidak haid
Pada wanita, salah satu tanda ia tidak subur adalah haidnya tidak teratur atau bahkan tidak mendapat haid. Ini berarti, tubuh tidak memproduksi sel telur.
 
Untuk menjaga agar haid teratur, diperlukan kerjasama antara kelenjar pituitari dan hipotalamus di otak, dan ovarium. Bila kerjasama itu tidak terjadi, kemungkinan ada gangguan hormonal.

2. Nyeri haid yang berat
Antara 5-10 persen wanita yang tidak subur mengalami perdarahan haid yang banyak. Salah satu penyebabnya adalah fibroid di rahim. Sementara itu, nyeri haid yang berat bisa menandakan ada endometriosis, kondisi yang juga memicu sulit hamil.

3. Gangguan penglihatan
Bila penglihatan periferal (tepi) Anda buram, Anda mendadak mengalami kebingungan, atau haid tidak teratur, itu merupakan gejala dari prolactinoma atau tumor nonkanker di kelenjar pituitari, yang bisa berefek pada kesuburan.

Kelenjar pituitari membuat hormon perangsang folikel yang mengatur ovarium dan produksi sel telur (FSH). Letak kelenjar ini di otak dekat dengan saraf optik. Karenanya, prolactinoma bisa menekan saraf optik dan juga sel yang membuat FSH.

4. Banyak bulu di tubuh
Perhatikan apakah ada banyak bulu di wajah atau bagian tubuh lainnya. Hal itu bisa menandakan gangguan hormonal yang disebut sindrom ovarium polisistik.

5. Libido rendah dan fungsi seks terganggu
Pria yang kehilangan libido, susah menjaga ereksinya, atau mengalami gangguan ejakulasi, ada pembengkakan di bagian testisnya, bisa mengalami gangguan kesuburan.

6. Kegemukan
Hampir 55 persen wanita yang kegemukan atau obesitas sebelum hamil, dan kelebihan berat badan ini akan membuatnya sulit untuk hamil.

Walau begitu, wanita yang terlalu kurus, olahraga berlebihan, atau seorang atlet, dan mengalami gangguan haid, juga bisa mengalami kesulitan hamil.

7. Nyeri saat bercinta
Bila hubungan seks Anda tidak memuaskan akibat rasa nyeri yang dirasakan, penyebabnya adalah vagina terlalu kering. Kondisi ini bisa diakibatkan kekurangan estrogen karena gejala menopause.

8. Rambut menipis
Gangguan tiroid bisa menyebabkan rambut menipis atau rontok. Gangguan pada hormon ini juga memengaruhi pematangan sel telur.

9. Kekurangan vitamin D
Jangan anggap remeh vitamin D, terutama pada pasangan yang sedang menantikan momongan karena kekurangan vitamin ini bisa membuat kehamilan sulit diraih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Foxnews
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+