Kompas.com - 04/08/2016, 16:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Gangguan kecemasan sebenarnya merupakan masalah kesehatan mental yang cukup banyak dialami. Pemicu gangguan ini juga tidak jelas.

Rasa cemas yang berlebihan ini tentu membuat penderitanya merasa tidak nyaman menjalani hari-harinya. Sayangnya, tak semua orang menyadari dirinya mengalami gangguan cemas.

Ketahui apa saja tanda-tanda seseorang mengalami gangguan ini sehingga bisa mencari bantuan profesional.

1. Khawatir berlebihan
Merasa khawatir merupakan hal yang normal. Akan tetapi, jika khawatir berlebihan tanpa alasan yang jelas, bisa jadi tanda gangguan kecemasan. Misalnya, merasa cemas atau khawatir berlebihan tentang hari-hari yang akan datang.

2. Tak mau bersosialisasi
Mereka yang mengalami gangguan kecemasan kerap menarik diri dari lingkungan sosial sehingga kurang bersosialisasi. Mereka bisa menjadi seseorang yang tertutup, sulit berinteraksi dan takut menghadapi orang banyak.

3. Sakit kepala
Salah satu tanda fisik mengalami gangguan kecemasan, yaitu sakit kepala atau pusing. Bisa juga mengalami migrain yang cukup parah, vertigo, hingga pingsan. Terkadang juga terjadi masalah pernapasan, ketegangan otot, dan tubuh gemetar.

5. Susah tidur
Orang yang mengalami gangguan kecemasan juga sering susah tidur atau tetap terjaga. Mereka gelisah, tegang, hingga stres sehingga susah tidur. Terkadang, muncul rasa ketakutan tanpa alasan yang jelas dan panik. Pada akhirnya, gangguan kecemasan mengganggu konsentrasi belajar maupun kerja.

5. Gangguan pencernaan
Selain pusing, gangguan kecemasan juga dapat menimbulkan nyeri perut, kembung, mual, kram, hingga sensitif. Hal ini karena usus sangat sensitif dan bereaksi ketika seseorang stres.

Jika sering merasa cemas berlebihan tanpa sebab yang jelas, rasa khawatir sampai mengganggu pekerjaan dan kemampuan belajar, hingga sering merasa tertekan, sebaiknya segera konsultasi dengan psikiater atau psikolog.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber BOLDSKY
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.