Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2016, 11:34 WIB

KOMPAS.com - Cidera pada mata yang diakibatkan oleh luka bakar zat kimia tiap tahunnya telah mengirim ribuan orang ke unit gawat darurat rumah sakit. Itu baru di Amerika saja. Korban terbanyak adalah balita.

Sebenarnya cidera tersebut bisa dicegah jika bahan-bahan kimia di rumah disimpan secara aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.

"Jangan simpan produk pembersih rumah di bawah tempat cuci piring atau di lantai yang mudah terjangkau anak kecil," kata Dr.R. Sterling Haring, peneliti kebijakan kesehatan dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health.

Dalam penelitiannya diketahui, sekitar 12 persen luka bakar pada mata disebabkan oleh zat asam. Zat lain yang juga berbahaya adalah alkalin.

Zat asam dan alkalin memiliki reaksi berbeda pada mata. Ketika kandungan alkalin masuk ke dalam mata, efeknya adalah rusaknya membran sel dan membakar masuk ke kornea serta jaringan lunak di mata.

Sementara itu walau zat asam juga merusak, tapi zat ini bisa membuat protein menumpuk di mata, sehingga menjadi pelindung untuk mencegah kerusakan tambahan.

Beberapa benda yang mengandung alkalin antara lain semen, pembersih oven, pembersih saluran air, zat pemutih baju, dan produk amonia.

Kandungan asam yang bisa menyebabkan cidera pada mata antara lain sulfur, hydrochloric, baterai, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com