Kompas.com - 08/08/2016, 20:25 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang sangat serius. Sleep apnea berarti henti napas saat tidur. Kondisi ini bisa berlangsung berulang kali bahkan hingga ratusan kali saat tidur.

Kelompok usia berapa pun dapat mengalami sleep apnea. Akan tetapi, mereka yang obesitas, lingkar leher besar, pria, berusia di atas 40 tahun, hingga memiliki penyakit GERD lebih berisiko sleep apnea.

Sleep apnea dapat menyebabkan organ penting, termasuk otak kekurangan oksigen. Hal ini bisa berakibat fatal dan masalah kesehatan jangka panjang.

Sayangnya, banyak orang tak sadar memiliki masalah sleep apnea. Berikut gejala sleep apnea yang sering diabaikan, seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Mengantuk sepanjang hari
Jika Anda sudah cukup tidur sekitar 7-8 sehari, tetapi masih mengantuk sepanjang hari, bisa jadi akibat sleep apnea.

Biasanya seseorang tak sadar telah terbangun beberapa kali saat tidur malam, karena henti napas saat tidur.

2. Sakit kepala
Sleep apnea juga bisa menyebabkan Anda sakit kepala saat bangun tidur. Bahkan, meski Anda cukup tidur sebelumnya.

Hal ini terjadi karena bagian otak kekurangan oksigen saat henti napas saat tidur.

3. Kenaikan berat badan
Sleep apnea ternyata juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Ketika seseorang kurang tidur karena sleep apnea, nafsu makan dapat meningkat.

4.Mudah tersinggung
Mudah tersinggung, kecemasan berlebihan, hingga perubahan suasana hati bisa jadi tanda sleep apnea.

5.Tertidur dan mengompol
Anak-anak juga bisa mengalami sleep apnea. Pada anak-anak, tanda-tanda yang sering kali diabaikan antara lain, tertidur di kelas, hipersensitivitas, sering marah-marah, hingga mengompol pada malam hari meski anak telah terlatih untuk pipis di toilet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.