Kompas.com - 11/08/2016, 21:17 WIB
Ilustrasi gula shutterstockIlustrasi gula
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Pada acara Partnership for a Healthier America Summit di Washington, D.C., Michelle Obama menyatakan kegembiraannya karena FDA telah merilis label fakta nutrisi terbaru yang selama 20 tahun terakhir ini belum diperbarui.

Selain itu, FDA juga mengeluarkan aturan yang menyatakan, bahwa semua produsen makanan harus menuliskan di label kemasan jika produknya mengandung gula dalam bentuk apapun.

Bicara tentang makanan sehat, memang tak bisa lepas dari topik gula. Gula yang berlebihan akan menyebabkan obesitas dan akhirnya memicu berbagai penyakit berbahaya, salah satunya diabetes tipe-2.

Kita juga harus mulai meneliti dan menyingkirkan mitos salah mengenai gula, yang selama ini sering Anda dengar dan mungkin Anda lakukan. Inilah lima mitos tentang gula atau pemanis yang perlu Anda ketahui.


Mitos 1: Jika Anda mengurangi gula, berarti Anda harus mengurangi kalori juga.

Secara alami, gula ada di dalam lingkungan dan makanan yang kita makan, biasanya dalam bentuk fruktosa (buah) dan laktosa (susu).

Ini belum termasuk segala jenis karbohidrat yang oleh tubuh diolah menjadi gula dalam bentuk molekul glukosa dan diserap oleh darah lalu digunakan sebagai energi. Dengan kata lain, gula adalah sumber kalori sehinga mengurangi gula sama dengan mengurangi kalori.


Mitos 2: Jus tidak mengandung gula tambahan, karena terbuat dari buah.

Salah. Kebanyakan jus konsentrat dan kemasan mengandung gula tambahan. Termasuk juga jus jenis cold pressed yang seringkali hadir dengan nilai nutrisi minimal dan pemanis maksimal.

Cobalah makan buah dalam bentuknya yang alami, itu lebih baik. Atau buat jus natural sendiri tanpa tambahan pemanis, lalu tambahkan es batu atau masukkan ke kulkas sebelum dihidangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X