Cegah Kanker dengan Cara Menjaga Berat Badan Tak Berlebih

Kompas.com - 29/08/2016, 14:00 WIB
shutterstock
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tak melakukan apa-apa ketika angka timbangan Anda terus bertambah sebenarnya sama saja dengan membiarkan penyakit kanker mengintai.

Hasil kajian luas terhadap 1.000 studi epidemiologi yang dilakukan organisasi kesehatan dunia (WHO) menunjukkan bahwa obesitas akan membuat kita rentan terkena penyakit kanker.

Penyakit kanker yang perlu diwaspadai orang gemuk, antara lain liver, indung telur, kanker tiroid, payudara, pankreas, dan sebagainya.

Orang yang obesitas juga beresiko lima kali lebih besar terkena kanker esofagus, dan 7 kali lebih besar terkena kanker rahim, dibanding dengan orang yang berat badannya normal.

Obesitas akan menyebabkan inflamasi kronik di seluruh tubuh dan mengganggu produksi normal sejumlah hormon, misalnya insulin, testosteron, dan estrogen. Semua faktor tersebut berkontribusi pada timbulnya kanker.

Kabar baiknya, perubahan gaya hidup bisa menurunkan risiko penyakit ini. Misalnya saja pola makan yang sehat, mengurangi berat badan, dan berolahraga, selain juga tidak merokok.

Saat ini diperkirakan 640 juta orang dewasa di seluruh dunia mengalami kelebihan berat badan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X