Kompas.com - 19/09/2016, 12:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Menggunakan gelas sekali pakai memang tidak ramah lingkungan, tetapi penelitian dari the Department of Soil, Water, and Environmental Science di the University of Arizona mencatat, menggunakan cangkir kopi milik kantor yang Anda gunakan bersama dengan rekan kerja, bisa membuat Anda lebih mudah terserang penyakit.

Para ahli dalam penelitian tersebut sangat setuju bila Anda memutuskan untuk memiliki cangkir sendiri, dicuci sendiri dengan bersih, dan tidak digunakan secara bergantian dengan rekan kerja. Terlebih bila musim flu tiba.

"Koloni kuman bisa hidup di cangkir kantor Anda," kata Charles Gerba, seorang profesor mikrobiologi lingkungan di University of Arizona.

“Biasanya, bakteri disebarkan melalui spons cuci piring yang memang tidak dibersihkan dengan benar. Apalagi bila cangkir bekas kopi tidak dibersihkan dengan baik, maka bakteri dapat tertinggal.”

Bakteri dapat bertahan hidup di sudut dan celah cangkir selama tiga hari, Gerba mengatakan. Akhirnya, penyakit umum seperti radang tenggorokan atau flu sangat mungkin untuk menyebar dengan cepat.

Jim Osgood, presiden dan CEO dari perusahaan keramik Klean Kanteen, mengatakan, miliki cangkir Anda sendiri dan pilih yang mudah dibersihkan.

Pilihan terbaik ialah cangkir yang terbuat dari bahan stainless. Dan untuk menghindari koloni bakteri dari spons milik kantor, bawalah cangkir Anda pulang setiap malam untuk dibersihkan atau miliki alat pembersih sendiri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber MSN.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.