Kompas.com - 28/09/2016, 15:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Memeriksakan tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah adalah satu-satunya cara untuk tahu pasti derajat kesehatan metabolik Anda. Selain itu, ada beberapa tanda-tanda peringatan yang dapat membantu Anda menentukan apakah Anda berberat badan normal atau berisiko untuk obesitas.

Jika karakteristik berikut ini berlaku untuk Anda, berbicaralah dengan dokter untuk dapat memastikan Anda sehat secara fisik, baik di dalam maupun luar.

Ada "ban serep" di perut Anda

Walau berat badan Anda normal, keberadaan ban serep alias lemak perut bisa berbahaya. Bahkan, sebuah penelitian baru-baru ini di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa orang dengan berat badan normal tetapi kelebihan lemak di area tengah memiliki risiko lebih tinggi untuk meninggal lebih awal dibanding mereka yang obesitas.

"Lemak di area tengah tubuh lebih buruk dari lemak di tempat lain," kata Dr Jialal. "Di situlah kerusakan berupa resistensi insulin dan inflamasi protein terjadi."

Anda tidak dapat melakukan push-up

Orang kurus masih dapat memiliki banyak lemak tubuh, terutama jika mereka tidak memiliki massa otot. Jika Anda tidak dapat mengingat terakhir kali Anda mengucurkan keringat, sekarang inilah kesempatan Anda melakukannya.

"Orang-orang yang tidak merasa kelebihan berat badan, biasanya lebih tidak termotivasi untuk berolahraga tetapi tanpa olahraga teratur, mereka hanya menjadi lebih tidak sehat," kata Dr Jialal.

Riwayat keluarga

Jika orangtua atau saudara Anda menderita diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi (tidak peduli seperti apa ukuran tubuhnya), secara genetik Anda akan cenderung mengalaminya juga.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.