Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2016, 10:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Punya suami yang mudah emosi atau istri yang gampang tersinggung, kemungkinan membuat Anda mudah sakit, akibat terlalu sering berhadapan dengan suasana hati yang buruk.

Setelah penelitian pertama menunjukkan, bahwa mitra yang bahagia berkaitan dengan kesehatan jangka panjang yang lebih baik, khususnya di antara orang dewasa setengah baya dan lebih tua, penelitian kedua menemukan fakta lainnya.

Memiliki pasangan yang menyebalkan, seperti sering marah dan mengeluh, dapat membuat seseorang lebih mudah terpapar penyakit.

Dr William Chopik, asisten profesor psikologi di Michigan State University, yang memimpin kedua studi baru tersebut, mengatakan, "Temuan ini secara signifikan menegaskan hubungan antara kebahagiaan dan kesehatan, menunjukkan hubungan sosial dan medis yang sangat unik.”

"Memiliki pasangan bahagia dapat meningkatkan kesehatan seseorang lebih signifikan, ketimbang saat Anda merasakan bahagia seorang diri," tambah Chopik.

Dalam penelitian itu, tim Dr Chopik menganalisa 1.981 pasangan heteroseksual setengah baya. Mereka menemukan, orang-orang dengan pasangan yang bahagia melaporkan kesehatan pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu, menurut studi yang diterbitkan oleh American Psychological Association.

Sebaliknya, memiliki pasangan yang menyebalkan, membuat seseorang mudah sakit dan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk berumur panjang,

Dia mengidentifikasi setidaknya ada tiga alasan mengapa memiliki pasangan yang bahagia dapat meningkatkan kesehatan seseorang, terlepas dari kebahagiaan mereka sendiri.

Pertama, pasangan bahagia cenderung memberikan dukungan sosial kuat, dibandingkan dengan pasangan yang fokus pada rasa stres.

Selain itu, seseorang yang bahagia lebih mungkin untuk membantu pasangannya dalam mencapai kebahagiaan yang sama dengan cara sehat, seperti memelihara siklus tidur yang teratur, makan makanan bergizi, dan berolahraga.

Dan ketiga, pasangan bahagia membuat hidup Anda lebih mudah, karena tidak melulu fokus pada rasa stres. Dan hal-hal itulah yang akhirnya mempromosikan kesehatan jangka panjang untuk Anda.

Sedang mitra yang menyebalkan, kemungkinan membuat Anda terjebak dalam kehidupan penuh stres, yang dapat menurunkan kekebalan tubuh dan akhirnya membuat Anda gampang sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com