Kompas.com - 09/10/2016, 21:09 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kaki bengkak menjadi keluhan yang biasa terjadi pada ibu hamil. Biasanya pembengkakkan terjadi pada kaki, pergelangan kaki, lengan hingga tangan. Ternyata kondisi ini normal terjadi.

Saat hamil, cairan tubuh akan meningkat untuk menjaga tumbuh kembang janin. Namun, kadang kali cairan tersebut menumpuk pada bagian yang penuh lekukan dan jepitan seperti kaki dan tangan.

Perkembangan janin juga menyebabkan tekanan pada daerah panggul. Maka dari itu, jangan heran jika tekanan tersebut menyebabkan bengkak pada bagian tertentu. Selain kondisi ini, ada beberapa penyebab kaki bengkak yang perlu diperhatikan.

Selain cairan, darah juga semakin meningkat. Besarnya tekanan darah membuat pembuluh darah kecil mungkin bocor ke jaringan di dekatnya. Akumulasi cairan menyebabkan bagian tertentu menjadi lebih bengkak.

Selain itu, pembengkakkan juga menjadi tanda bahwa Anda mengalami tekanan darah tinggi. Kelebihan asupan garam juga bisa saja menyebabkan kaki membengkak. Untuk itu, pola makan perlu diperhatikan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil.

Pemilihan sepatu juga bisa menyebabkan masalah pada kaki saat hamil. Anda perlu memilih sepatu yang datar, lembut dan tidak sempit. Pilih sepatu yang nyaman apalagi jika Anda tetap aktif saat hamil.

Sepatu yang tak nyaman semakin meningkatkan peluang menumpuknya cairan pada titik tertentu. Mengangkat kaki sejenak bisa mengatasi kondisi kaki bengkak. Mengangkat kaki selama 20 menit setiap hari akan membuat sirkulasi cairan menjadi lebih lancar.

Merendam kaki dengan air hangat dapat mengatasi penyebab kaki bengkak saat hamil. Air hangat dapat meringankan tekanan pada pembuluh darah. Hindari pula berdiri atau duduk terlalu lama.

Duduk dengan kursi yang pendek juga harus dihindari karena membatasi sirkulasi cairan dalam tubuh. Anda pun harus menghindari berjalan dengan kaki telanjang, menggunakan kaus kaki terlalu ketat atau membiarkan kaki dalam suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.