Kompas.com - 14/10/2016, 09:05 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Telur dadar, telur mata sapi, telur balado, semur telur, telur rebus dan lain sebagainya. Telur adalah bahan makanan yang disukai oleh sebagian besar warga dunia.

Saking sukanya, ada orang-orang yang menjadi sering sekali mengonsumsi telur. Dari sini, wajar jika kita bertanya, berapa butir telur yang boleh kita konsumsi tanpa harus membahayakan kesehatan?

"Rata-rata orang, makan dua telur sehari, masih bisa dikategorikan tak apa-apa" kata Keri Gans, R.D., ahli gizi dan penulis buku The Small Change Diet.

"Tapi ada aturan yang penting untuk diingat, kita harus meninjau pola makan keseluruhan dan melihat sejauh mana asupan lemak jenuh kita," kata Gans lagi.

"Adalah sehat makan dua butir telur sehari. Tapi, jika makanan Anda lainnya terdiri dari daging merah, keju, susu, dan makanan berlemak lainnya (terutama lemak jenuh), makan dua butir telur sehari adalah ide yang buruk, karena berarti mungkin Anda akan kelebihan lemak dan kalori," jelas Gans.

Membuang kuning telur dan hanya mengonsumsi putihnya saja juga bukan ide yang baik. Mengapa?

Ada beberapa nutrisi dalam kuning telur yang tidak akan Anda temukan di putih telur," kata Gans.

"Semua vitamin larut lemak ditemukan di kuning telur. Jadi, jika Anda mengeliminasinya, bukan saja Anda menghilangkan lemak, tetapi Anda juga membuang banyak zat gizi.

Intinya, menurut Gans, adalah jumlah telur yang bisa Anda konsumsi benar-benar tergantung pada pola makan harian Anda. Satu telur mengndung sekitar 80 kalori, lima gram lemak dan enam gram protein.

Jika Anda sudah mendapatkan banyak protein dan lemak dari makanan lainnya, makan tiga sampai lima telur sehari, sangat tidak dianjurkan. Tetapi jika pola makan Anda lebih banyak sayuran, menambahkan satu atau dua butir telur ke dalam piring Anda, adalah gagasan yang sangat baik.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.