Kompas.com - 18/10/2016, 20:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Mandi merupakan rutinitas sehari-hari untuk menjaga kebersihan tubuh. Jika Anda sering melewatkan mandi karena terburu-buru dikejar waktu, sebaiknya mulai hilangkan kebiasaan ini.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh TwentyTwoWords, ada sejumlah kondisi cukup serius yang terjadi pada tubuh ketika Anda memutuskan untuk tidak mandi, apalagi sampai dua hari berturut-turut.

Masalah pertama ialah pertumbuhan bakteri. Setiap harinya, rata-rata tubuh manusia membawa sekitar 1.000 jenis bakteri, termasuk 40 jenis jamur, menurut laporan tersebut.

Walau ada bakteri yang memberikan manfaat baik bagi tubuh, tubuh tetap memerlukan bantuan sabun untuk memerangi bakteri jahat penyebab penyakit.

"Anda tidak bisa membuang bakteri buruk jika Anda tidak mandi," laporan tersebut menjelaskan. "Dan jika bakteri jahat menemukan jalan ke mata, hidung, atau mulut, Anda bisa sakit."

Bakteri juga menjadi penyebab utama bau badan. Bahkan, gas yang dilepaskan oleh bakteri dilaporkan dapat menyebabkan sekitar 30 bau tak sedap dari tubuh. Sehingga, Anda membutuhkan mandi agar tubuh terhindar dari bau tak sedap.

Mandi juga akan membantu kulit bebas noda dengan mencegah minyak di kulit mengering dan berpotensi membuat kulit kering, bersisik, bahkan kusam. Dan ini sangat penting dilakukan jika Anda secara teratur berolahraga atau beraktivitas di ruang terbuka. Bila tidak, penyakit kulit lainnya seperti infeksi jamur bisa saja menyerang.

"Membiarkan tubuh lembab, keringat membasahi pakaian untuk waktu yang lama, dapat mengarah ke iritasi atau kerusakan kulit," kata Holly L. Phillips, M.D., dokter kesehatan perempuan.

"Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri dan jamur, seperti bakteri Staph atau jamur yang menyebabkan gatal."

Jika Anda benar-benar harus melewatkan mandi, Phillips mengatakan, sangat penting untuk mengganti pakaian dan selalu menjaga kebersihan ketiak, pangkal paha dan wajah, karena daerah tersebut sangat rentan untuk terpapar bakteri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.