Kompas.com - 06/11/2016, 16:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - "Rileks, bernapas natural, hilangkan kepenatan. Berikan energi positif untuk janin Anda." Kalimat itu diucapkan instruktur yoga, Rina Almanda kepada para ibu hamil yang mengikuti yoga dalam acara Yoga Festival Fit & Fun di The Hall Senayan City, Sabtu (5/11/2016).

Rina mengatakan, banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan ibu hamil dengan melakukan yoga. Tak hanya melakukan gerakan peregangan, yoga juga diharapkan dapat membuat para ibu hamil lebih rileks dan tenang.

"Yoga menyatukan pikiran, jiwa, dan tubuh. Yoga enggak cuma mengolah tubuh, tapi juga mengolah pikiran kita agar positif untuk calon bayi di perut kita," kata Rina.

Menurut Rina, jika ibu lebih banyak mengeluarkan energi positif, calon bayi pun akan lebih sehat dibanding calon bayi dari ibu yang memberikan energi negatif. Yoga membantu ibu hamil meredakan stres dan menyiapkan mental menjadi ibu.

Rina menambahkan, gerakan yoga utamanya juga sekaligus melatih pernapasan. Seperti yang diketahui, pernapasan sangat dibutuhkan untuk proses persalinan.

"Jadi bagaimana caranya ibu hamil itu bisa memberikan konsentrasi pada pernapasan dia. Saat persalinan kan biasanya panik, capek, sakit perut sekali sehingga tidak bisa konsentrasi pada pernapasan," jelas Rina.

Gerakan yoga untuk ibu hamil tentunya gerakan sederhana yang aman. Misalnya, gerakan peregangan yang akan dibutuhkan saat persalinan nanti. Kemudian gerakan ringan membangun core perut yang dapat membantu saat kontraktsi.

Selain itu, beberapa gerakan lainnya juga membantu mengatasi nyeri tulang belakang yang biasanya makin terasa seiring bertambahnya usia kehamilan.

Rina mengatakan, yoga pada ibu hamil aman dilakukan pada usia kehamilan 24-36 minggu. Luangkanlah waktu 15 menit saja untuk melakukan yoga 2-3 kali seminggu. Akan tetapi, dengan pendampingan instruktur yoga yang berkualitas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.