Tidur Terlalu Lama Tingkatkan Risiko Kanker pada Pria

Kompas.com - 08/11/2016, 17:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kurang tidur memang bisa meningkatkan berbagai macam risiko kesehatan, namun terlalu banyak tidur, yaitu lebih dari 10 jam, juga bisa meningkatkan risiko kanker bagi pria.

Studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Medicine mendapati, pria yang menghabiskan lebih dari 10 jam tidur lebih mungkin untuk mengembangkan kanker ketimbang pria yang tidur 7 hingga 8 jam.

“Pria yang tidur lebih dari 10 jam per hari, 40 persen lebih mungkin untuk mengembangkan kanker,” para ahli memperingatkan.

Penelitian yang dipimpin oleh para ilmuwan di Huazhong University of Science and Technology di China, melibatkan hampir 26.000 pria Cina setengah baya dan lebih tua yang telah pensiun dari Dongfeng Motor Corporation.

Peneliti menemukan, pria yang bekerja dalam shift malam, 27 persen lebih berisiko terkena kanker ketimbang mereka yang bekerja pada jam normal.

Bila shift malam membuat pria kurang tidur (kurang dari 6 jam) atau justru tidur lebih dari 10 jam, risiko terkena kanker meningkat menjadi 43 persen dan dua kali lebih mungkin untuk meninggal akibat penyakit mematikan.

Studi ini mengatakan bahwa orang-orang yang bekerja shift malam lebih berisiko terkena kanker karena bekerja di malam hari akan mengganggu siklus alami tubuh, ditambah dengan kurang tidur atau justru kelebihan tidur, termasuk paparan cahaya buatan, semuanya dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh, yang meningkatkan kemungkinan kanker berkembang.

Walau begitu, peneliti menekankan bahwa kanker timbul akibat efek gabungan antara tidur lebih dari 10 jam dan seringnya bekerja shift malam.

Sehingga, peneliti belum mendapati apakah tidur lebih dari 10 jam semalam bagi pria yang tidak bekerja shift malam akan tetap meningkatkan risiko kanker yang sama.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Sumber The Sun
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X