Kompas.com - 05/12/2016, 17:21 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Banyak orang yang tak suka melakukan sesi olahraga di gym secara khusus. Ada juga orang yang tak suka melakukan jenis olahraga high impact yang banyak benturan.

Menurut ahli, hal ini bukan sesuatu yang tercela. Pasalnya, ada banyak kegiatan selain sesi olahraga di gym atau olahraga high impact, yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori.

"Seorang wanita dengan tinggi 164 cm dan berat badan 6 kilogram dapat membakar 74 kalori dengan melakukan kegiatan berjalan kaki kecepatan 4,5 kilometer perjam sepanjang 1,6 kilometer,” kata Peter Weyand, PhD, seorang profesor di Southern Methodist University di Dallas dan direktur Locomotor Performance Laboratory in the Simmons School of Education and Human Development.

“Jumlah yang sama atau bahkan lebih bisa didapat dari aktivitas selain berjalan kaki. Bahkan, kegiatan rutin sehari-hari, tanpa Anda tahu - ternyata bisa membakar kalori lebih banyak," imbuhnya. Inilah alternatif aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori ekstra sambil bersenang-senang.

Menggerak-gerakkan tangan dan kaki

Saat seseorang gelisah, misalnya karena terlalu lama menunggu, biasanya akan menggerakkan tangan dan kaki berulang kali.

Gerakan ini mungkin akan menganggu jika dilakukan saat rapat. Tapi, menggerakkan tangan dan kaki secara cepat berulang-ulang bisa membakar 350 kalori dibanding hanya duduk diam, menurut sebuah penelitian Mayo Clinic.

Downward facing dog

Anda mungkin berpikir bahwa yoga tidak lebih dari gerakan peregangan. Anggapan ini tak sepenuhnya benar. Satu jam beryoga bisa membakar sebanyak 159 kalori.

Menari

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.