Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Olahraga Lari Berakibat Buruk untuk Lutut?

Kompas.com - 07/01/2017, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang mengira olahraga lari bisa menyebabkan kaki nyeri, bahkan berdampak buruk bagi lutut. Padahal, menurut studi terbaru berlari justru akan mengurangi peradangan pada sendi.

"Pemikiran yang menyebutkan lari jarak jauh berbahaya untuk lutut kemungkinan besar keliru," kata Matt Seeley, asisten profesor bidang sains olahraga dari Utah, AS.

Seeley dan timnya menemukan bukti yang mengejutkan itu setelah menganalisa cairan sendi lutut pada beberapa pria dan wanita sehat berusia 18-35 tahun.

Tim peneliti ingin melihat tanda-tanda peradangan pada penanda kimia tubuh sebelum dan sesudah melakukan olahraga lari. Ternyata hanya ditemukan sedikit perbedaan.

"Bagi individu yang sehat dan masih muda, olahraga justru memberi efek anti-peradangan yang bermanfaat bagi kesehatan sendi jangka panjang," kata peneliti.

Olahraga lari juga bisa menunda perkembangan penyakit sendi akibat penuaan, seperti osteoartritis atau awam menyebutnya rematik.

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com