Kompas.com - 07/01/2017, 10:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Banyak orang mengira olahraga lari bisa menyebabkan kaki nyeri, bahkan berdampak buruk bagi lutut. Padahal, menurut studi terbaru berlari justru akan mengurangi peradangan pada sendi.

"Pemikiran yang menyebutkan lari jarak jauh berbahaya untuk lutut kemungkinan besar keliru," kata Matt Seeley, asisten profesor bidang sains olahraga dari Utah, AS.

Seeley dan timnya menemukan bukti yang mengejutkan itu setelah menganalisa cairan sendi lutut pada beberapa pria dan wanita sehat berusia 18-35 tahun.

Tim peneliti ingin melihat tanda-tanda peradangan pada penanda kimia tubuh sebelum dan sesudah melakukan olahraga lari. Ternyata hanya ditemukan sedikit perbedaan.

"Bagi individu yang sehat dan masih muda, olahraga justru memberi efek anti-peradangan yang bermanfaat bagi kesehatan sendi jangka panjang," kata peneliti.

Olahraga lari juga bisa menunda perkembangan penyakit sendi akibat penuaan, seperti osteoartritis atau awam menyebutnya rematik.

 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.