Kompas.com - 07/02/2017, 18:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tidak mudah menjadi perokok di Australia. Larangan merokok ada di mana-mana, seperti di tempat kerja dan di restoran. Namun, apakah aturan itu efektif menurunkan jumlah perokok?

Untuk mempersulit kaum perokok, merokok dilarang dalam radius 10 meter dari taman bermain anak-anak dan dalam jarak empat meter dari pintu masuk gedung umum, peron kereta, antrean taksi, dan halte bus.

Aturan itu semula diterapkan hanya di Negara Bagian New South Wales, namun belakangan sejumlah negara bagian mengikuti.

Kini, semua negara bagian melarang tindakan merokok di dalam kendaraan jika ada anak-anak. Bahkan sebagian besar negara bagian melarang keberadaan rokok di dalam penjara.

Jumlah denda beragam, namun di beberapa tempat perokok yang ketahuan merokok di lokasi yang salah bisa didenda AUD$2.000 atau setara dengan Rp20 juta. Jumlah denda itu direncanakan akan meningkat setiap tahun sampai 2020.

BBC/Getty Images Rak khusus rokok di sebuah gerai di Sydney, Australia, Mei 2016.
Kemasan polos

Aturan ketat merokok di Australia sejalan dengan kebijakan pemerintah negara tersebut sejak lima tahun lalu untuk mewajibkan produsen rokok menjual produk mereka dalam kemasan polos tanpa merek. Iklan tembakau telah dilarang lebih lama dari itu.

Di Australia, kemasan rokok dijual dalam warna cokelat kelam, tanpa logo produsen, dan menampilkan gambar bahaya merokok yang menakutkan pada bagian depan.

Kampanye anti-rokok di Australia sebenarnya bukan hal baru mengingat kampanye serupa telah dijalankan sejak era 1970-an.

Scott Walsberger, selaku kepala pengendali tembakau pada Dewan Kanker di Negara Bagian New South Wales, mengklaim iklan anti-rokok yang menunjukkan gambar bahaya merokok adalah yang paling efektif.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.