Kompas.com - 14/12/2019, 21:00 WIB


KOMPAS.com – Pernahkah Anda merasakan gigi ngilu saat minum air dingin atau panas? Rasa sakit yang tajam dan sementara itu bisa jadi adalah gejala gigi sensitif.

Kondisi ini bisa terjadi karena lapisan pelindung gigi (enamel gigi) semakin menipis atau akar gigi yang terbuka. Hal itu membuat saraf gigi menjadi lebih gampang terkena rangsangan dari luar.

Jika Anda terganggu oleh gigi sensitif, lebih baik segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan. Dokter dapat mengidentifikasi penyebab yang mendasari rasa sakit gigi Anda.

Pasalnya, tidak menutup kemungkinan, ketidaknyamanan pada gigi yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti gigi berlubang, gigi yang retak atau terkelupas, atau sakit gusi.

Baca juga: Jangan Biarkan Gigi Sensitif Berlarut, Apa Alasannya?

Melansir dari Mayo Clinic, apabila Anda mengalami gigi sensitif, dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa hal berikut ini:

1. Gunakan pasta gigi yang mengandung desensitizing

Pasta gigi desensitizing mengandung senyawa yang membantu menghalangi transmisi sensasi dari gigi ke saraf. Gunakan dua kali sehari, maka gigi sensitif akan berkurang dalam beberapa minggu.

Ada berbagai produk gigi dengan desensitizing yang tersedia di pasaran. Anda bisa menanyakan hal itu kepada dokter gigi, produk mana yang paling cocok?

2. Gunakan fluoride

Dokter gigi Anda mungkin akan memberikan fluoride ke area sensitif gigi Anda untuk memperkuat enamel gigi dan mengurangi rasa sakit. Ia mungkin juga akan menyarankan penggunaan resep fluoride di rumah.

3. Desensitisasi atau ikatan

Kadang-kadang, permukaan akar yang terbuka dapat diobati dengan mengoleskan resin ikatan ke permukaan akar yang sensitif.

Mungkin untuk menjalankan tindakan ini, dokter perlu melakukan anestesi lokal.

Baca juga: Solusi Gigi Sensitif Berbentuk Serum

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.