Jangan Disepelekan, Tak Semua Sakit Pinggang Boleh Dipijat

Kompas.com - 14/12/2019, 16:00 WIB
Ilustrasi duduk sakit pinggang spukkatoIlustrasi duduk sakit pinggang

KOMPAS.com - Sakit pinggang merupakan salah satu penyakit yang jamak dialami orang dewasa.

Melansir Britannica, nyeri yang dikenal sebagai lumbago ini biasanya terasa di bagian bawah punggung atau sekitar tulang lumbar.

Sakit pinggang kadarnya bisa ringan, berat, sampai akut. Ada yang hanya merasakan di pinggang. Terkadang, menjalar sampai ke pantat atau paha atas.

Melansir buku Resep Mudah tetap Sehat (2009) oleh Dr. Hendrawan Nadesul, sakit pinggang rasanya bisa berbeda-beda tergantung penyebabnya.

Baca juga: 5 Cara Menghindari Sakit Pinggang

Sebab paling umum

Terkadang nyerinya cuma terasa di satu tempat. Ada kalanya, penyebab sakit pinggang karena nyeri kiriman, atau penyakit aslinya di perut tapi terasa di pinggang.

Ada juga nyeri pinggang dari satu titik menjalar ke tempat lain. Selain itu, ada juga sakit pinggang karena peregangan otot.

Sakit pinggang paling umum disebabkan kesalahan sikap atau posisi tubuh.

Bobot atau posisi tubuh kita disokong semua ruas tulang belakang, bantalan antara ruas tulang belakang, otot, dan jaringan ikat.

Gangguan pada bagian penyokong tubuh tersebut dapat mengakibatkan sakit pinggang.

Trauma pada penyokong tubuh seperti terkilir, terpeleset, terbentur, retak, atau patah ruas tulang belakang juga bisa membuat pinggang terasa nyeri.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X