Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaga Kesehatan Pencernaan Para Penggemar Makanan Pedas

Kompas.com - 10/07/2024, 07:19 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Makanan pedas memang digemari banyak orang Indonesia, terutama anak muda. Makin tinggi "level" pedasnya, makin dianggap menarik tantangannya.

Zat capcaisin dalam cabai memang memiliki sejumlah manfaat dalam tubuh, seperti mencegah kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, cabai dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan, seperti gastrisitis (maag akut) dan GERD. Hal ini karena makanan pedas dapat mengakibatkan naiknya asam lambung secara cepat sebagai respons adanya iritasi pada dinding lambung.

Dokter spesialis gizi klinik dr.Putri Sakti Dwi Permanasari, mengungkapkan, tren makanan viral yang serba pedas perlu memperhatikan juga efeknya pada kesehatan pencernaan.

"Konsumsi makanan pedas dan asam secara berlebihan, seperti mie setan level 10 dan steamboat pedas, dapat menyebabkan iritasi pada lambung," kata dr.Putri.

Baca juga: Meski Enak, Ini Bahaya Mengonsumsi Makanan Terlalu Pedas

Waspadai jika mengalami gejala perut kembung, mual, muntah, atau pun heartburn, dan  segera periksakan ke dokter.

Menurut dr.Putri, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan, mulai dari membatasi asupan makanan pedas, asam, berlemak, dan gorengan.

"Konsumsi makanan yang mudah dicerna seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan juga yogurt. Pola makan bisa dibuat kecil tapi sering," sarannya.

Pada orang yang sudah memiliki gangguan lambung, tak kalah penting untuk mengendalikan stres, sebab kondisi mental berpengaruh pada kesehatan pencernaan.

Dengan pendekatan ini, tidak hanya kesehatan lambung yang terjaga dengan baik, tetapi juga kualitas hidup secara keseluruhan dapat meningkat.

Untuk menyebarkan informasi tentang kesehatan pencernaan dan gaya hidup sehat, Freshmag merek suplemen herbal akan mengadakan talkshow bersama dr.Putri di booth di Jakarta Fair pada 13 Juli 2024. 

Talkshow yang juga disiarkan lewat akun Instagram @freshmag.id ini akan memberikan tips praktis untuk menjaga kesehatan pencernaan sehari-hari dan menghadapi tantangan makanan viral dengan bijak.

Baca juga: Apakah Stres Bisa Menyebabkan Asam Lambung Naik? Ini Penjelasannya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com