Libur Natal dan Tahun Baru Tiba, Ini Cara Jaga Kesehatan saat Liburan

Kompas.com - 22/12/2019, 20:00 WIB
Warga mengambil swafoto saat menonton Christmas Carol di depan Grand Hyatt, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (19/12/2019). Tak hanya di bundaran HI, event ini juga digelar sejumlah spot ruang publik di sepanjang MH Thamrin - Sudirman. KOMPAS.com/M ZAENUDDINWarga mengambil swafoto saat menonton Christmas Carol di depan Grand Hyatt, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (19/12/2019). Tak hanya di bundaran HI, event ini juga digelar sejumlah spot ruang publik di sepanjang MH Thamrin - Sudirman.

KOMPAS.com - Libur Natal 2019 dan tahun baru 2020 segera tiba. Beberapa orang biasanya memanfaatkan momen itu untuk pergi berwisata maupun mudik.

Bukan hanya bisa mempererat hubungan antaranggota keluarga, berwisata maupun mudik ini bisa bermanfaat juga bagi kesehatan fisik dan mental pribadi.

Artikel Inc.com mencantumkan empat manfaat kesehatan yang bisa diraih dengan berlibur atau istirahat dari pekerjaan. Berikut manfaatnya:

1. Pengurangan stres

Artikel tersebut mengutip beberapa penelitian, salah satunya mencatat bahwa berlibur membuat orang tidak melakukan aktivitas yang mereka kaitkan dengan stres dan kecemasan.

Penelitian lain menunjukkan tingkat stres seseorang bisa berkurang selama masa liburan hingga waktu awal kembali bekerja.

Sementara penelitian lainnya menemukan bahwa para pelancong memiliki lebih sedikit penyakit fisik seperti sakit kepala dan sakit punggung.

Baca juga: 6 Tips Perjalanan Naik Mobil Pribadi agar Terasa Lebih Nyaman

2. Kesehatan jantung

Studi menunjukkan peningkatan risiko serangan jantung terjadi pada orang yang melewatkan liburan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya beban kerja yang didapat di kantor.

3. Peningkatan produktivitas

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X