Kompas.com - 25/04/2020, 18:24 WIB
Menjelang bulan Ramadhan pedagang kolang-kaling musiman mulai berdagang di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (18/7/2012). Para pedangang menjual kolang-kaling itu dengan harga Rp 6.000 sampai Rp 8.000 per kilogram. KOMPAS IMAGES / VITALIS YOGI TRISNAMenjelang bulan Ramadhan pedagang kolang-kaling musiman mulai berdagang di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (18/7/2012). Para pedangang menjual kolang-kaling itu dengan harga Rp 6.000 sampai Rp 8.000 per kilogram.

KOMPAS.com – Kolang-kaling dan siwalah adalah buah-buahan yang kerap ditemui saat memasuki bulan puasa Ramadhan hingga lebaran.

Karena menyegarkan, kedua jenis buah tersebut sering dijadikan sebagai bahan campuran es buah atau kolak yang enak disantap saat memasuki waktu buka puasa.

Khusus kolang-kaling, buah muda dari pohon areh ini bahkan kerap juga dilah menjadi manisan dengan cara direbus dengan tambahan gula dan sedikit penguat rasa atau arma.

Di beberapa daerah di Indonesia, manisan kolang-kaling bahkan kerap dijadikan sebagai cemilan saat hari raya Idulfitri, termasuk jadi bahan tambahan untuk membuat kue.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan Timun Suri dan Blewah, Buah yang Identik dengan Bulan Puasa

Manfaat kesehatan kolang-kaling

Namun, kolang-kaning dan siwalan ternyata tak hanya menyegarkan atau enak disantap. Kedua jenis buah ini rupanya dianggap juga memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh.

Ahli Gizi Hindah Muaris dalam bukunya Kolang-Kaling & Siwalah: Pangan Sehat Tinggi Kalsium (2015), menjelaskan selain lezat dimakan, kolang-kaling dan siwalan juga memiliki kandungan gizi yang istimewa sehingga kedua buah ini tergolong dalam bahan makanan yang berkhasiat untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini berbagai manfaatnya:

1. Mendukung kesehatan tulang

Ahli gizi lulusan Teknologi Pangan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) yang kerap menjadi konsultan di berbagai industri makanan dan minuman itu, mengungkapkan kolang-kaling dipercaya memiliki kadar air sangat tinggi, yakni hingga 93,8 persen dalam setiap 100 gram buah.

Kolang-kaling juga terbukti memiliki kandungan kalsium yang tergolong tinggi, yakni mencapai 91 miligram pada buah kolang-kaling.

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Herbal untuk Cegah Infeksi Virus Corona

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X