8 Ciri-ciri Orang Kreatif Menurut Psikologi Positif

Kompas.com - 07/06/2020, 08:08 WIB
ilustrasi kreatif inovatif shutterstock/sutadimagesilustrasi kreatif inovatif

KOMPAS.com - Orang yang kreatif dapat mengembangkan pikiran untuk mengerjakan hal-hal menarik.

Psikolog positif sekaligus penulis buku Creativity: The Work and Lives of 91 Eminent People, Mihaly Csikszentmihalyi menjabarkan ada beberapa ciri-ciri orang kreatif.

Kreativitas yang dimiliki seseorang tersebut ada yang alami atau sejak lahir. Namun, ada juga yang membiasakan berlaku kreatif, sehingga potensinya berkembang.

Baca juga: Membongkar Psikologi Kenapa Banyak Orang Percaya Teori Konspirasi

Berikut tanda-tanda atau ciri-ciri seseorang dikatakan kreatif menurut Mihaly Csikszentmihalyi:

1. Penuh energi tapi fokus

Orang kreatif cenderung memiliki energi berlebih, baik fisik maupun mental.

Mereka dapat menghabiskan waktu berjam-jam menekuni sesuatu yang menarik perhatiannya, dan terus antusias sepanjang waktu.

Hal itu bukan berati orang kreatif hiperaktif. Mereka cenderung imajinatif, ingin tahu banyak hal, diam-diam berpikir, dan merenungkan hal yang menarik minat mereka.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Seseorang Susah Minta Maaf Menurut Psikologi

2. Cerdas tapi naif

Studi pada 2013 mengungkap, orang kreatif umumnya cerdas. Namun, orang dengan IQ yang terlalu tinggi belum tentu kreatif.

Hal itu sejalan dengan penelitian Csikszentmihalyi. Dia menyimpulkan, orang kreatif umumnya memiliki IQ dengan batas 120,1.

Tapi, pemilik IQ di atas 120 belum tentu lebih kreatif ketimbang yang IQ-nya di bawah 120.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X