Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Daging Kambing?

Kompas.com - 29/07/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi daging kambing mentah. Cara menghilangkan bau prengus daging kambing dengan dilumuri air jeruk. SHUTTERSTOCK/VIS FINE ARTIlustrasi daging kambing mentah. Cara menghilangkan bau prengus daging kambing dengan dilumuri air jeruk.

KOMPAS.com - Sejumlah ibu hamil ingin memberikan asupan yang terbaik bagi janin dalam kandungannya.

Tak pelak, beberapa ibu hamil sangat selektif memiilih asupan untuk buah hatinya.

Salah satu makanan yang acapkali bikin ibu hamil ketar-ketir adalah daging kambing.

Jadi, apakah ibu hamil boleh makan daging kambing?

Baca juga: Anemia pada Ibu Hamil: Penyebab, Ciri-ciri, Cara Mengatasi

Makan daging kambing saat hamil

Ahli gizi berbasis di Inggris, Sarah Schenker, menyatakan ibu hamil tanpa masalah kesehatan boleh makan daging kambing asalkan dimasak sampai matang dan higienis.

"Makan daging kambing saat hamil tidak apa-apa, asalkan dimasak dengan benar," jelas dia, seperti dilansir dari Baby Centre.

Menurut Schenker, daging kambing, daging sapi, ayam, ikan, dan telur dapat memberikan asupan protein, vitamin, dan mineral.

Zat gizi tersebut penting untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin.

"Konsumsi 3,5 porsi protein setiap hari untuk ibu hamil. Salah satunya bisa dari daging kambing tanpa lemak yang dimasak sampai matang," katanya.

Selain berasal protein hewani, sumber protein lainnya bisa berasal dari lentil, buncis, edamame, tahu, tempe, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X