10 Penyebab Tangan Kesemutan Saat Bangun Tidur Selain Tertindih

Kompas.com - 11/09/2020, 06:00 WIB
kesemutan bisa menjadi tanda berbagai penyakit berbahaya HENADZI PECHANkesemutan bisa menjadi tanda berbagai penyakit berbahaya

KOMPAS.com - Bangun dengan tangan kesemutan atau mati rasa bukanlah hal yang aneh.

Tidur dalam posisi yang memberi tekanan pada lengan atau tangan adalah penyebab umum sensasi kesemutan yang bisa segera hilang setelah bangun atau melakukan reposisi.

Tapi sayangnya, tangan tertindih bukan satu-satunya kemungkinan penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur.

Baca juga: 7 Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Di mana, tangan yang kesemutan atau mati rasa bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang mendasari.

Melansir Health Line, berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur yang bisa diwaspadai:

1. Sindrom carpal tunnel

Sindrom carpal tunnel (lorong karpal) adalah kondisi yang dapat membuat tangan mengalami sensasi kesemutan, nyeri, lemah, atau bahkan mati rasa.

Sindrom ini terjadi ketika saraf median di carpal tunnel, yang merupakan jalur sempit di dalam pergelangan tangan terhimpit atau tertekan.

Saraf median di carpal tunnel sendiri berfungsi untuk mengendalikan otot jari tangan dan menerima rangsangan dari kulit di daerah tangan.

Kesemutan dan mati rasa adalah gejala yang paling umum dari sindrom lorong karpal.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X