7 Penyebab Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur dan Cara Mengobatinya

Kompas.com - 05/07/2020, 06:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Pernahkah Anda mendapati sakit pinggang saat bangun tidur?

Seberapa sering Anda merasaknnya?

Nyeri punggung pada pagi hari tersebut ternyata tak bisa dianggap sepele.

Penyebab sakit pinggang saat bangun tidur pasalnya tak hanya karena ada masalah pada posisi tidur atau penempatan bantal dan kasur, tapi bisa juga menjadi gejala kondisi medis.

Baca juga: 3 Ciri Sakit Pinggang yang Mungkin Termasuk Gejala Kanker

Mengidentifikasi dan mengetahui penyebab rasa sakit ini kiranya penting dilakukan untuk menentukan cara yang paling tepat dalam mengatasinya.

Melansir berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab sakit pinggang saat bangun tidur dan cara mengatasinya:

1. Penyakit cakram degeneratif

Melansir Medical News Today, seiring bertambahnya usia seseorang, keausan alami pada cakram di sumsum tulang belakang dapat menyebabkan penyempitan kanal tulang belakang lumbar.

Dokter merujuk penyempitan ini sebagai artritis tulang belakang atau penyakit cakram degeneratif.

Penyakit cakram degeneratif dapat menekan saraf tulang belakang, mengakibatkan rasa sakit, kaku, dan mobilitas berkurang yang biasanya memengaruhi bagian punggung bagian bawah atau leher.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X