Kompas.com - 29/09/2020, 12:03 WIB

KOMPAS.com - Cacar air tak hanya dapat menyerang anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Cacar air atau varicella adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus varicella zoster.

Penyakit yang sangat menular ini sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa dengan daya tahan tubuh lemah atau menurun.

Baca juga: 6 Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Meski tidak berbahaya, penyakit cacar air tetap saja perlu diwaspadai karena bisa berubah menjadi parah akibat infeksi bakteri.

Penularan cacar air biasanya dapat terjadi melalui batuk, bersin, maupun sentuhan langsung dengan cairan dalam lepuh cacar air atau dengan penderita penyakit ini.

Jika anak merasakan tubuhnya sangat lemas, tidak mau makan, kadang demam disertai gatal-gatal yang berlangsung selama 10 sampai 21 hari, bisa dipastikan anak tersebut mengalami gejala awal penyakit cacar air.

Setelah itu, gejala cacar air selanjutnya yang akan muncul adalah timbulnya ruam berbintik merah yang dapat ditemukan di sekitar dada, perut, punggung dan juga wajah.

Dalam proses penyembuhannya, luka akibat cacar air dapat meninggalkan bekas dengan membentuk jaringan ikat atau scar di area kulit.

Pada penderita cacar air di usia remaja dan dewasa, bekas cacar air ini akan lebih sulit menghilang dibandingkan pada usia anak-anak.

Cara mengobati cacar air ala rumahan 

Sebenarnya tidak ada pengobatan yang spesifik untuk penyakit cacar air.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.