Ini Alasan Keputihan Tak Boleh Disepelekan

Kompas.com - 18/10/2020, 13:31 WIB
Ilustrasi seorang perempuan menekan perut bagian bawahnya karena masalah medis atau ginekologi AnetlandaIlustrasi seorang perempuan menekan perut bagian bawahnya karena masalah medis atau ginekologi

KOMPAS.com – Kondisi keputihan yang terjadi dengan rasa gatal dalam vagina dan sekitar bibir vagina bagian luar, berbau sangat menyengat, serta kadang berwarna putih kekuningan tak boleh disepelekan begitu saja.

Keputihan ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau parasit.

Melansir Buku Menjalani Kehamilan & Persalinan yang Sehat (2019) oleh dr. Irfan Rahmatullah, Sp.OG dan dr. Nucholid Umam Kurniawan, M.Sc., Sp.A, infeksi bakteri, virus, jamur atau parasit yang menyebabkan keputihan dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat buang air kecil.

Baca juga: Cara Merapatkan Vagina Setelah Melahirkan Secara Normal

Keluhan ini termasuk dalam infeksi saluran kencing (ISK).

Jika dibiarkan, infeksi dapat menyebar ke atas dan menginfeksi organ kelamin wanita dalam, seperti saluran indung telur.

Apabila hal itu sampai terjadi, wanita bukan tidak mungkin bisa mengalami penyakit radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID).

Sementara, PDI adalah salah satu penyakit yang dapat menjadi penyebab infertilitas ( kemandulan) wanita.

Pada keadaan ini, saluran tuba menjadi buntu (blockage) akibat infeksi dan peradangan.

PID tercatat merupakan 10 persen penyebab buntunya saluran tuba.

Sayangnya, hampir 70 persen wanita tidak merasa jika terkena infeksi radang panggul.

Halaman:

Sumber WebMD
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X