7 Penyebab Kenapa Wanita Susah Orgasme

Kompas.com - 30/11/2020, 21:01 WIB
Ilustrasi pexelsIlustrasi

KOMPAS.com - Orgasme adalah rasa puncak kenikmatan seksual yang dialami setelah seseorang mendapatkan rangsangan seksual.

Dilansir dari Healthline, orgasme yang dirasakan setiap orang dapat beragam intensitas, waktu atau durasi, serta frekuensinya.

Orgasme terkadang bisa terjadi hanya dengan sedikit rangsangan seksual. Namun, ada kalanya seseorang butuh banyak rangsangan agar bisa mencapai puncak kenikmatan seksual.

Selain itu, ada juga tipikal orang yang susah merasakan orgasme. Susah orgasme lebih sering dialami wanita ketimbang pria.

Baca juga: Gairah Seksual Wanita Menurun, Begini Cara Meningkatkannya...

Susah orgasme pada wanita ditandai dengan kesulitan atau ketidakmampuan untuk mencapai klimaks seksual, kendati sudah diberikan cukup rangsangan seksual.

Sejumlah wanita merasa tidak perlu orgasme agar bisa menikmati seks. Namun, sebagian wanita lainnya berpendapat susah orgasme bisa menjadi persoalan karena mengurangi keintiman.

Menurut Cleveland Clinic, hanya 10 persen wanita yang mudah mencapai orgasme. Di luar itu, wanita susah orgasme. Berikut beragam penyebab kenapa wanita susah orgasme:

1. Stres dan gangguan kecemasan

Melansir Woman's Day, banyak pikiran, stres, dan gangguan kesehatan mental membuat wanita susah orgasme.

Berdasarkan studi dari Valparaiso University AS, lebih dari separuh wanita susah orgasme karena gangguan cemas.

Ditambah sifat kompleksnya, wanita yang sudah orgasme biasanya juga merasa frustasi dan khawatir atas kondisinya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X