Mengapa Tubuh Menggigil Ketika Kedinginan?

Kompas.com - 30/11/2020, 17:01 WIB
Ilustrasi menggigil Shutterstock/fizkesIlustrasi menggigil

KOMPAS.com - Pernahkah Anda menyadari, tanpa sadar kita jadi menggigil saat suhu udara sedang dingin?

Menggigil ketika kedinginan adalah bagian dari respons alami tubuh manusia untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Tubuh kita dirancang memiliki respons tertentu saat menghadapi perubahan seperti kedinginan, kepasanasan, stres, mengalami infeksi, atau kondisi lainnya.

Baca juga: Kenapa Saat Badan Panas Tubuh Merasa Kedinginan?

Mengapa orang menggigil ketika kedinginan?

Melansir Live Science, tubuh manusia secara alami akan mempertahankan suhu tubuh normalnya sekitar 36,9 derajat Celsius.

Menggigil saat kedinginan merupakan upaya menghangatkan tubuh untuk mencegah serangan hipotermia.

Hipotermia bisa terjadi saat suhu tubuh turun di bawah 35 derajat Celsius. Penurunan suhu tubuh ini bisa mengganggu kinerja saraf, jantung, sampai pernapasan.

Untuk melindungi tubuh saat kedinginan, saraf di kulit yang kali pertama merasakan dingin akan mengirimkan sinyal ke otak agar segera menghangatkan tubuh.

Baca juga: Kenapa Saat Badan Panas Tubuh Merasa Kedinginan?

Tubuh lantas merespons kode dari otak tersebut lewat menggigil dengan cara menggetarkan otot di seluruh badan, otot rahang gemertak, sampai gigi gemetaran.

Dengan menggigil selama beberapa saat, tubuh dapat menghasilkan panas secara alami, dan suhu tubuh jadi meningkat.

Dilansir dari Healthline, menggigil dapat meningkatkan produksi panas di tubuh sampai lima kali lipat ketimbang dalam posisi diam atau rehat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X