Benarkah Berat Badan Pengaruhi Kadar Kolesterol?

Kompas.com - 20/01/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com – Banyak orang menginginkan berat badan ideal untuk menunjang penampilan. Tapi, tahukah anda, berat badan yang terjaga juga membantu Anda menjaga kesehatan.

Berat badan yang seimbang dapat menjaga kadar kolesterol tetap normal dan melindungi jantung. Selain itu, berat badan ideal menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan menurunkan tekanan darah Anda.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Minum Susu Sapi Bisa Tingkatkan Kolesterol?

Pada banyak kasus, kolesterol dihubungkan dengan obesitas.

Dalam aktivitas sehari-hari, obesitas dikaitkan dengan kolesterol karena persamaan gaya hidup penderitanya.

Kebanyakan kasus kolesterol tinggi disebabkan oleh gaya hidup makan makanan dengan kandungan lemak dan kolesterol tinggi. Ditambah juga dengan gaya hidup jarang berolahraga.

Dua pilihan gaya hidup itu juga kerap memicu terjadinya obesitas. Oleh sebab itu, obesitas sering dianggap menyumbang peran bagi risiko kadar kolesterol tinggi.

Kabar buruknya, kolesterol tinggi tidak memiliki gejala khusus. Jadi, bisa saja Anda mengalami obesitas, merasa sehat, tapi memiliki kadar kolesterol tinggi.

Walaupun obesitas memiliki kaitan dengan kolesterol tinggi, bukan berarti orang dengan berat badan kurus memiliki kadar kolesterol rendah.

Orang kelebihan berat badan memang lebih cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, tetapi orang kurus juga bisa memiliki kadar kolesterol tinggi.

Cara terbaik mengetahui bagaimana korelasi berat badan Anda dengan kadar kolesterol adalah berkonsultasi dengan dokter.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X