Mitos atau Fakta, Minum Susu Sapi Bisa Tingkatkan Kolesterol?

Kompas.com - 18/01/2021, 12:09 WIB
Ilustrasi susu sapi murni. SHUTTERSTOCK/BEATS1Ilustrasi susu sapi murni.

KOMPAS.com – Susu sapi adalah salah satu bahan pangan yang mudah ditemui dan punya kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Dalam satu cangkir susu sapi mengandung 146 kalori, 5 gram lemak jenuh, dan 24 miligram kolesterol.

"Susu adalah sumber protein dan nutrisi yang luar biasa, mengandung vitamin dan mineral esensial, serta menyediakan sepertiga dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan," kata Deborah Krivitsky, seorang ahli gizi di Massachusetts General Hospitals, Boston.

Baca juga: 4 Bahaya Susu Sapi Jika Dikonsumsi Berlebihan

Sayangnya, bila dikaitkan dengan kolesterol, susu sapi memiliki efek meningkatkan kadar kolesterol.

"Produk susu berlemak tinggi dapat membuat Anda bermasalah," kata John Day, MD, seorang dokter ahli jantung yang praktik di Intermountain Healthcare, Salt Lake City, Utah.

Lemak jenuh dalam makanan meningkatkan kolesterol jahat (LDL), yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kandungan lemak jenuh di dalam susu sapi inilah yang membuat susu cukup berisiko meningkatkan kadar kolesterol saat dikonsumsi.

Oleh karenanya, orang yang sedang membatasi asupan kolesterol sebaiknya tidak mengonsumsi susu sapi.

Apabila Anda masih ingin mengonsumsi susu, maka sebagai alternatifnya adalah susu rendah lemak atau susu tanpa lemak.

Secangkir susu tanpa lemak mengandung 83 kalori, 5 miligram kolesterol, dan tidak ada lemak jenuh.

Selain susu tanpa lemak, masih ada beberapa jenis susu nabati yang bisa jadi alternatif. Memiliki kandungan yang sama sehat dan bermanfaatnya, susu alternatif bisa jadi opsi terbaik Anda selain susu sapi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X