Kompas.com - 15/04/2021, 14:12 WIB

KOMPAS.com - Puasa ternyata bukan hanya sekadar ritual keagamaan saja. Bahkan, banyak riset telah menunjukan manfaat puasa untuk kesehatan.

Ahli jantung dan endokrinologi dari Cleveland Clinic, Dennis Bruemmer, puasa ternyata baik untuk kesehatan jantung dan membantu penurunan berat badan.

"Membatasi asupan makanan akan memberikan manfaat besar bagi kesehatan," ucapnya.

Baca juga: Nutrisi yang Diperlukan Anak Selama Berpuasa

Manfaat puasa untuk jantung

Penelitian menunjukkan puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, mengontrol diabetes, dan menurunkan berat badan.

“Empat risiko utama penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi dan kolesterol, diabetes, dan berat badan, jadi ada dampak sekundernya,” kata Bruemmer.

Dengan berpuasa, kita bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Di sisi lain, puasa dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit.

Hal ini dapat membuat jantung tidak stabil dan mudah mengalami aritmia.

“Jadi, setiap kali pasien melakukan diet tertentu memerlukan pengawasan medis," tambahnya.
Sebelum melakukan diet, pasien yang memiliki kondisi jantung atau penyakit tertentu perlu melakukan pemeriksaan tes darah setiap bulan.

Terkadang, dokter meresepkan suplemen kalium untuk mencegah terjadinya ketidakseimbangan elektrolit,.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa puasa dapat membantu mencegah kanker atau meningkatkan efektivitas pengobatan kemoterapi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.