Kompas.com - 15/04/2021, 10:00 WIB
ilustrasi jus mentimun Dream79ilustrasi jus mentimun

KOMPAS.com - Penting untuk melakukan rehidrasi setelah melakukan aktivitas apa pun yang menyebabkan keringat berlebih, seperti olahraga, sauna, atau mengikuti kelas yoga.

Rehidrasi juga penting untuk mencegah efek merusak dari dehidrasi yang Anda alami.

Seperti diketahui, setiap sel, jaringan, dan organ di tubuh membutuhkan air untuk berfungsi.

Baca juga: Bagaimana Kurang Minum Bisa Sebabkan Darah Tinggi?

Air diperlukan antara lain untuk membantu mengatur suhu tubuh, melumasi persendian, mengangkut nutrisi, membuang limbah, dan mengedarkan darah.

Itu berarti tubuh Anda tidak dapat menjalankan fungsi-fungsi ini dengan baik jika Anda mengalami dehidrasi, yang terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan.

Misalnya, Anda bisa mengalami dehidrasi karena berkeringat berlebih, muntah, diare, atau mengonsumsi obat diuretik yang meningkatkan kehilangan cairan.

Tanda dan gejala dehidrasi yang bisa dikenali, termasuk:

Warna urine juga merupakan indikator umum dari status hidrasi seseorang yang bisa diamani.

Pada umumnya, semakin gelap warna urine Anda, maka semakin buruk tubuh Anda terhidrasi.

Baca juga: 15 Alasan Tubuh Butuh Air Putih Setiap Hari

Jika Anda mengkhawatirkan status hidrasi Anda atau orang lain, berikut adalah ragam minuman untuk gantikan cairan tubuh dengan cepat yang bisa Anda konsumsi:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X