Kompas.com - 09/06/2021, 09:00 WIB
ilustrasi penyakit ginjal Kompas.comilustrasi penyakit ginjal

KOMPAS.com - Ginjal adalah organ berbentuk kacang merah yang memiliki banyak fungsi penting.

Ginjal bertugas menyaring darah, membuang limbah melalui urin, memproduksi hormon, menyeimbangkan mineral, dan menjaga keseimbangan cairan.

Dilansir dari Healthline, ada banyak faktor risiko penyakit ginjal, seperti gula darah yang tidak terkontrol dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, menurut studi berjudul “Risk factors for chronic kidney disease: an update”, penyebab lain yang dapat menyebabkan gagal ginjal adalah alkohol, penyakit jantung, virus hepatitis C, dan infeksi HIV.

Ketika ginjal menjadi rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik, cairan dapat menumpuk di dalam tubuh.

Selain itu, limbah pun akan menumpuk di dalam darah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 10 Makanan Pantangan Bagi Penderita Gagal Ginjal dan Diabetes

Namun, menghindari atau membatasi makanan tertentu dapat membantu mengurangi akumulasi produk limbah dalam darah, meningkatkan fungsi ginjal, dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Sebagian besar dari mereka dengan penyakit ginjal stadium akhir perlu mengikuti diet ramah ginjal untuk menghindari penumpukan bahan kimia atau nutrisi tertentu dalam darah.

Pada mereka dengan penyakit ginjal kronis, ginjal tidak dapat membuang kelebihan natrium, kalium, atau fosfor secara memadai.

Akibatnya, mereka berisiko lebih tinggi mengalami peningkatan kadar mineral ini dalam darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X