Kompas.com - 13/07/2021, 06:03 WIB


KOMPAS.com – Madu memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Merangkum Health Line, manfaat madu di antaranya untuk energy booster, mengobati batuk, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Madu juga dipercaya berkhasiat untuk menjaga tekanan darah sehat, kontrol kadar kolesterol, dan mendukung kesehatan jantung.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tapi faktanya, madu tidak cocok dikonsumsi oleh semua kalangan. Di mana, bayi tidak dianjurkan untuk minum cairan yang banyak mengandung zat gula pada sarang lebah ini.

Alasan madu tak boleh diberikan kepada bayi

Dilansir dari Very Well Family, bayi yang berusia kurang dari 12 bulan harus dihindarkan semua sumber madu. Ini berarti segala sesuatu yang mengandung madu tidak boleh diberikan kepada bayi, termasuk sereal madu.

Alasan untuk menunda memberikan madu kepada anak-anak sampai berusia di atas setahun bukan karena kekhawatiran mengalami alergi makanan atau bahaya tersedak. Larangan ini lebih mempertimbangkan pada risiko bayi mengalami penyakit botulisme.

Penyakit botulisme disebabkan ketika bayi menelan spora dari bakteri yang disebut Clostridium botulinum. Bakteri ini bisa ditemui di dalam madu.

Clostridium botulinum menghasilkan racun di dalam saluran pencernaan bayi yang dapat diserap ke dalam tubuh dan memiliki efek serius pada kontrol otot bayi.

Dalam kasus ekstrim, otot-otot pernapasan pada bayi bisa menjadi lumpuh.

Jika bantuan mekanis tidak diberikan, bayi pun bisa meninggal.

Baca juga: Kenali 9 Tanda Bahaya pada Bayi Baru Lahir

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.