Kompas.com - 18/09/2021, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Infeksi menular seksual adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan gangguan kesuburan, cacat pada bayi, sampai penyebab kanker reproduksi.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat lebih dari 30 jenis bakteri, virus, dan parasit yang jadi penyebab infeksi menular seksual.

Penyakit ini dapat menular lewat kontak seksual, darah, atau melalui persalinan dari ibu ke anak.

Baca juga: Kenali Apa itu Seks Anal dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Infeksi menular seksual yang sering menyerang

Melansir Pedoman Nasional Penanganan Infeksi Menular Seksual oleh Kementerian Kesehatan, terdapat beberapa infeksi menular seksual yang kerap menyerang, antara lain:

  • Gonore

Gonore adalah jenis infeksi menular seksual yang paling umum. Penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi infeksi pada saluran kencing, radang panggul, sampai kemandulan.

Gonore juga bisa menyebabkan bayi cacat lahir ketika ibu hamil yang terinfeksi gonore menularkan penyakitnya lewat persalinan normal.

Gejala gonore di antaranya keluar cairan berwarna putih, kuning, krem, atau hijau dari alat kelamin.

Selain itu, penderita juga mengalami nyeri saat berhubungan seks, sering kencing, alat kelamin gatal, dan sakit tenggorokan.

  • Klamidia

Infeksi bakteri klamidia dapat menyebabkan infeksi pada uretra, kelenjar prostat, penyakit radang panggul, sampai mengganggu kesuburan.

Bayi yang tertular infeksi klamidia dari ibunya lewat persalinan normal rawan mengalami radang paru-paru, infeksi mata, sampai kebutaan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.