Kompas.com - Diperbarui 09/04/2022, 13:08 WIB

KOMPAS.com - Penyakit ginjal sering kali baru terdetekai saat kondisi atau stadiumnya sudah parah.

Ini karena ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal terkadang diabaikan penderitanya karena mirip dengan masalah kesehatan lainnya.

Menurut National Kidney Foundation, hanya 10 persen penderita yang mengetahui mereka mengidap penyakit ginjal pada stadium awal.

Banyak di antara penderita yang baru menyadarinya begitu kondisi penyakitnya sudah kadung parah dan kondisi ginjal sudah rusak.

Baca juga: 13 Tanda-tanda Penyakit Ginjal

Jika Anda berisiko mengidap penyakit ini seperti usia di atas 60 tahun, tekanan darah tinggi, diabetes, dan ada keluarga yang terkena gagal ginjal, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ginjal secara berkala.

Selain itu, kenali juga beberapa tanda penyakit ginjal stadium awal yang pantang disepelekan.

Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal

Melansir Urology Spesialist, terdapat beberapa ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal yang perlu diwaspadai, antara lain:

  • Urine keruh atau berbusa

Fungsi utama ginjal yakni memproduksi urine. Tak pelak, salah satu gejala penyakit ginjal yakni perubahan pada urine yang berbeda dari biasanya.

Jika ginjal bermasalah, urine cenderung keruh, berbusa, atau penderita jadi sering kencing.

  • Badan gampang lelah

Ginjal normal bakal menghasilkan hormon erythropoietin. Fungsinya untuk memberikan sinyal pada tubuh agar memproduksi sel darah merah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.