Kompas.com - 02/10/2021, 08:01 WIB

KOMPAS.com - Saat menentukan diagnosis kanker usus, dokter biasanya menyertakan stadium untuk menunjukkan tingkat keparahan penyakit.

Melansir Healthline, kanker usus stadium 1 adalah pertumbuhan tumor ganas dari lapisan terdalam usus (mukosa) yang mulai menjalar ke lapisan usus bagian bagian luar (submukosa).

Pertumbuhan tumor ganas pada kanker usus stadium 1 belum menjangkau kelenjar getah bening, sehingga belum menyebar di luar organ usus.

Baca juga: Apa Gejala yang Dirasakan Penderita Kanker Usus Stadium 4?

Gejala kanker usus stadium 1

Melansir American Cancer Society, pada tahap awal penyakit, kanker usus kerap tidak menampakkan gejala khas, misalkan benjolan di perut.

Gejala kanker usus stadium 1 biasanya mirip dengan gangguan pencernaan seperti infeksi usus, radang usus, sindrom iritasi usus, atau ambeien, antara lain:

  • Perubahan kebiasaan buang air besar, misalkan jadi sering sembelit atau diare
  • Buang air besar rasanya tidak pernah tuntas
  • Keluar darah dari anus, biasanya warnanya merah segar
  • Kotoran buang air besar ada darahnya, warnanya bisa merah sampai cokelat
  • Kerap sakit perut atau kram perut
  • Badan jadi sering lemas
  • Berat badan turun padahal tidak sedang diet

Di beberapa kasus, ciri-ciri kanker usus stadium 1 di atas tidak terlihat sampai penyakit sudah parah dan menunjukkan stadium akhir.

Baca juga: 7 Gejala Kanker Usus dan Penyebabnya

Pemeriksaan gejala kanker usus stadium 1

Orang yang merasakan beberapa gejala kanker usus stadium 1 di atas perlu berkonsultasi ke dokter.

Jika dicurigai ada kanker usus, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik dengan memeriksa bagian perut dan sejumlah bagian tubuh.

Selain itu, dokter juga merekomendasikan tes seperti kolonoskopi, biopsi, CT scan, ultrasound, tes gen dan protein, atau tes darah.

Baca juga: 5 Makanan Penyebab Kanker Usus Besar yang Perlu Diwaspadai

Cara mengobati kanker usus stadium 1

Apabila dokter sudah menentukan diagnosis kanker usus stadium 1, penyakit ini lebih mudah disembuhkan apabila ditemukan lebih cepat.

Cara mengobati kanker usus stadium 1 perlu disesuaikan dengan gejala, tingkat keparahannya, sampai kondisi kesehatan penderita.

Opsi perawatannya bisa dengan terapi target atau imunoterapi, radiasi, kemoterapi, operasi, atau kombinasi beberapa terapi di atas.

Baca juga: 6 Ciri-ciri Kanker Usus yang Kerap Tak Disadari

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.