Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2021, 12:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Bagi bayi yang abru lahir asupan ASI adalah satu-satunya nutrisi yang mereka dapatkan.

Karena itu, ibu menyusui juga perlu memperhatikan apa yang mereka konsumsi sehari-hari agar bisa memberikan ASI berkualitas untuk si kecil.

Menyusui memberikan nutrisi penting untuk bayi Anda. Memastikan Anda makan makanan yang seimbang adalah kunci menjaga tumbuh kembang bayi.

Baca juga: Blefaritis (Radang Kelopak Mata)

Tips Makan untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui juga perlu mengonsumsi kalori ekstra. Sebagian besar makanan mengandung antara 1.600 hingga 2.000 kalori, tetapi mereka yang menyusui harus mengkonsumsi 350 hingga 500 kalori ekstra sehari.

Ibu menyusui juga harus memperhatikan asupan air yang mereka konsumsi agar jangan sampai dehidrasi. Sebab, ASI bisa mengering jika sang ibu kekurangan cairan.

Ibu menyusui juga memerlukan asupan nutrisi seimbang. Berikut beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi selama menyusui:

1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti oatmeal, beras merah, dan pasta gandum penting dikonsumsi karena kaya akan serat, mineral dan vitamin, serta karbohidrat, protein, dan lemak tak jenuh yang sehat.

Makan biji-bijian dapat membantu Anda kenyang lebih lama, membantu sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik, dan mencegah nafsu makan berlebihan.

2. Salmon dan sarden

Ikan seperti salmon dan sarden merupakan sumber protein yang baik, serta vitamin dan omega-3, yang dapat mengurangi peradangan.

Salmon juga mengandung vitamin D alami. Mengkonsumsi makanan tersebut akan membantu perkembangan sistem saraf bayi.

3. Telur

Telur mengandung protein, vitamin B12, vitamin D, dan folat. Selain itu, telur juga mengandung kolin, yang diperlukan untuk pengembangan sistem saraf dan untuk membangun struktur sel.

Baca juga: Separation Anxiety Disorder

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya dengan vitamin A, C, E dan K, serat dan kalsium yang baik dikonsumsi selama masa menyusui.

5. Yogurt

Yogurt juga sumber protein yang baik. Namun, sebaiknya pilih yogurt alami yang tidak mengandung pemanis buatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com