Kompas.com - 14/12/2021, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Vaksinasi atau pemberian vaksin Covid-19 untuk anak usia enam sampai 11 tahun resmi dimulai pada Selasa (14/12/2021).

Pemberian vaksin Covid-19 untuk anak usia sekolah dasar (SD) dilakukan secara bertahap di provinsi dengan cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di atas 70 persen dan daerah dengan cakupan vaksinasi Covid-19 untuk kalangan lansia di atas 60 persen.

Melansir Sehat Negeriku, beberapa wilayah tersebut di antaranya Bali, Banten, Bengkulu, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Selain itu, wilayah Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara juga bakal dilakukan vaksinasi Covid-19 untuk anak SD.

Berikut jenis vaksin Covid-19 yang diberikan untuk anak usia 6-11 tahun, efek samping, serta cara mengatasinya.

Baca juga: Bagaimana Vaksin Bisa Menangkal Penyakit?

Jenis vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun

Menurut Satuan Tugas Penanganan Covid-19, vaksin Covid-19 yang diberikan untuk anak usia 6-11 tahun adalah vaksin Sinovac (Coronavac/ Covid-19 Biofarma).

Vaksin Covid-19 ini telah mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use autorization atau EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sedangkan penggunaan jenis vaksin Covid-19 lain menunggu izin EUA BPOM dan rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization atau ITAGI).

Pemberian vaksin Covid-19 Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun dosisnya sebanyak 0,5 mililiter dan vaksinasi dilakukan dua kali dengan jarak minimal 28 hari.

Baca juga: Minum Paracetamol setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Boleh atau Tidak?

Efek samping vaksin Covid-19

Setelah menjalani vaksinasi Covid-19, terkadang beberapa orang merasakan efek samping vaksin atau kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.