Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2021, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Serangan jantung adalah masalah kesehatan serius yang pantang disepelekan.

Sebagian penderita beruntung selamat dari serangan jantung pertama. Namun, mereka perlu selalu waspada dan mengontrol penyakit agar tidak terkena serangan jantung berulang yang berisiko fatal atau mematikan.

Perlu diketahui, serangan jantung terjadi ketika aliran darah kaya oksigen ke jantung tersumbat. Imbasnya, beberapa bagian jantung rusak dan kinerja organ vital ini terganggu.

Baca juga: 8 Ciri-ciri Serangan Jantung, Tak Hanya Nyeri Dada

Tingkat kerusakan jantung dan penanganan medis yang tepat serta cepat menjadi penentu fatal atau tidaknya serangan jantung.

Sebelum mengenali beberapa penyebabnya, simak penjelasan bahaya serangan jantung berulang berikut.

Gejala serangan jantung saat tidur, seperti nyeri dada dan muncul keringat dingin penting dikenali untuk dapat dikonsultasikan segera dengan dokter.

Bahaya serangan jantung berulang

Dokter spesialis jantung dari Cleveland Clinic AS Dr. Umesh Khot meneliti 6.626 penderita serangan jantung di pusat layanan kesehatannya pada medio 2010 sampai 2017.

Dari hasil studi observasional bersama timnya, Khot menemukan fakta bahwa sekitar 2,5 persen atau sedikitnya 165 penderita serangan jantung mengalami serangan jantung berulang.

Dari jumlah tersebut, hampir 50 persen penderita serangan jantung berulang yang mengalami serangan susulan dalam kurun waktu lima tahun berpotensi meninggal dunia.

“Penderita serangan jantung berulang ibarat mendapatkan pukulan telak. Serangan jantung pertama saja cukup berisiko. Ditambah serangan jantung kali kedua. Dampaknya besar untuk jantung,” jelas dia, seperti dilansir Heart.

Berkaca dari besarnya risiko kematian pada penderita serangan jantung berulang, Khot mewanti-wanti agar setiap penderita serangan jantung yang selamat dari krisis kesehatan pertamanya untuk selalu waspada.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+