Kompas.com - 30/12/2021, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Selama tahun 2021, tak sedikit orang yang diberitakan meninggal akibat bunuh diri.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyebutkan bahwa hampir 800.000 orang meninggal dunia karena bunuh diri setiap tahunnya.

Dengan kata lain, bunuh diri telah menjadi fenomena global yang terjadi di sepanjang kehidupan.

Bunuh diri bukan hal yang patut kita sepelekan. Melihat tingginya angka bunuh diri, dibutuhkan intervensi aktif untuk mengurangi angka tersebut.

Kita juga bisa menjadi bagian dari pencegahan bunuh diri. Ketika ada teman yang menunjukan tanda-tanda ingin bunuh diri, misalnya, kita perlu peka terhadap mereka.

Orang yang ingin bunuh diri biasanya tidak mengatakannya secara langsung. Akan tetapi, mereka menunjukannya lewat perbuatan ata pesan tersirat.

Karena itu, kita harus peka terhadap tanda-tanda yang mereka tunjukan.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Jerawat di Pantat

Tanda-tanda seseorang berniat bunuh diri

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tanda seseorang ingin bunuh diri seringkali tersirat sehingga kita sulit mengidentifikasinya.

Namun, ada beberapa hal umum yang sering ditunjukan oleh orang yang berniat mengakhiri hidup. Berikut ciri-ciri tersebut:

1. Perubahan perilaku yang tidak biasa

Hal uni umum terjadi pada seseorang yang ingin bunuh diri. Misalnya, seseorang yang Anda kenal yang biasanya penyabar bisa menjadi marah dan agresif.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.