Kompas.com - 20/01/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia, yaitu low-density lipoprotein (kolesterol jahat) dan high-density lipoprotein (kolesterol baik).

Jika kolesterol jahat dalam tubuh meningkat dan kadar kolesterol baik menurun, maka kita bisa mengalami peyumbatan arteri.

Jika tak segera ditangani, penyumbatan arteri bisa membuatnya pecah dan memicu serangan jantung atau stroke.

Kolesterol jahat dalam tubuh juga bisa meningkat karena asupan makanan tertentu.

Melansir Cleveland clinic, mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, seperti susu tinggi lemak, kulit unggas, atau daging berlemak, juga bisa memivu meningkatan kolesterol jahat dan menurunkan tingkat kolestrol baik.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Bayi Sungsang secara Alami dan Medis

Makanan penurun kadar kolesterol jahat

Selain olahraga, ada beberapa jenis makanan yang membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Berikut makanan tersebut:

1. Alpukat

Melansir Mayo Clinic, rutin konsumsi alpukat membantu menurunkan akdar kolesterol jahat pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Anda bisa menambahkan irisan alpukal ke dalam salad atay sadwich. Alpukat juga bisa diolah menjadi minuman menyegarkan. Akan tetapi, hindari menambahkan gula berlebihan.

Selain itu, alpukat kaya akan asam lemak jenuh tunggal, yaang akan membantu meningkatkan kesehatan jantung.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitung rendah lemak jenuh namun kaya akan asam lemaktak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan kadar kolesterol bauk.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.