Kompas.com - 04/02/2022, 17:00 WIB

 

KOMPAS.com - Tingkat kolesterol yang tinggi bisa memengaruhi seluruh bagian tubuh kita, salah satunya mata.

Menurut dokter mata Nicole Bajic, kolesterol tinggi dalam tubuh bisa membentuk endapan kuning di sekitar mata, yang disebut dengan xanthelasma.

Timbunan lemak tersebut paling sering muncul di kelopak mata atas dan bagian dalam kelopak mata yang paling dekat dengan hidung.

Kolesterol adalah jenis lipid yang merupakan bahan utama dalam membuat hormon steroid, vitamin D dan garam empedu, yang membantu kita memecah lemak di usus kita,” jelas Bajic.

Tubuh kita memiliki kolesterol yang bergerak melalui tubuh kita melalui lipoprotein, termasuk high-density lipoprotein (HDL), yang merupakan jenis kolesterol 'baik', dan low-density lipoprotein (LDL), yang merupakan jenis kolesterol 'buruk'.

Ketika kedua jenis kolesterol tersebut kadarnya tidak seimbang, maka tubuh bisa mengembangkan timbunan lemak.

Baca juga: Bagaimana Pengobatan Luka Bakar ala Rumahan?

Cara mencegah

Menurut Bajic, salah satu cara terbaik untuk mengatasi xanthelasma adalah dengan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh.

“Salah satu cara terbaik untuk mencegah dan meringankan masalah ini adalah memulai diet rendah lemak, termasuk makan lebih sedikit makanan olahan,” kata Bajic.

Anda bisa mulai menerapkan hidup sehat dengan mengatur pola makan dan rutin olahraga. Dalam beberapa kasus, xanthelasma juga perlu dicegah dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol.

Menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh juga bisa dilakukan dengan cara berikut:

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.