Kompas.com - 10/02/2022, 17:31 WIB
|

KOMPAS.com - Belum lama ini, sejumlah artis terkenal Tanah Air mengaku sebagai pengidap obsessive compulsive disorder (OCD). Beberapa di antara mereka adalah Aliando Syarief, Rina Nose, Olla Ramlan, Prilly Latuconsina, dan Afgan.

Hal tersebut menarik perhatian masyarakat. Bahkan, mereka mulai mencari tahu apa sebenarnya gangguan kesehatan mental OCD.

Melansir laman International OCD Foundation, OCD didefinisikan sebagai gangguan kesehatan mental yang membuat seseorang terjebak dalam siklus obsesi dan kompulsi.

Obsesi ditandai dengan pikiran dan dorongan yang tidak diinginkan serta mengganggu. Hal ini kemudian memicu perasaan resah dan tidak nyaman.

Guna menyingkirkan atau mengurangi obsesi tersebut, seseorang akan melakukan sesuatu. Perilaku ini disebut sebagai kompulsi.

Meski demikian, tidak semua orang bisa didiagnosis mengidap OCD dengan mengalami siklus tersebut. Salah satu indikasi lain dari gangguan kesehatan mental ini adalah siklus obsesi-kompulsi berlangsung secara ekstrem dan berulang-ulang sehingga mengganggu aktivitas sosial, seperti bekerja.

Faktor pemicu atau trigger OCD sebenarnya beragam. Namun, pemicu umum yang sering dialami seseorang berkaitan dengan keteraturan dan kebersihan atau higienitas. Sebagai contoh, apa yang dialami oleh Aliando.

Ia mengaku memiliki kebiasaan menata sampah dengan rapi sebelum dibuang. Jika tidak ditata terlebih dulu, ia merasa tidak tenang.

Selain kebiasaan itu, Aliando juga memiliki simtom OCD lain, seperti menyusun kulit kuaci, mengulang-ulang lagu, dan mengepalkan tangan hingga perasannya tenang.

Faktor risiko dan terapi

Melansir laman Mayo Clinic, OCD memiliki sejumlah faktor risiko. Pertama, gangguan zat kimia pada otak dan riwayat keluarga dengan gangguan OCD. Kedua, trauma terhadap sesuatu hal. Ketiga, memiliki gangguan kesehatan mental lain.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.