Kompas.com - 04/03/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Maraknya virus Covid-19 yang menyerang paru-paru membuat kita harus selalu menjaga kesehatan oragan dalam tersebut.

Tentu banyak cara untuk menjaga kesehatan paru-paru, seperti makan makanan sehat, menghindari merokok, berjemur di bawah sinar matahari, dan rajin berolahraga. 

Namun, bagi beberapa orang kegiatan fisik bukanlah hal yang mudah. Bagi orang yang memiliki Penyakit Paru Obstruktif Kronis misalnya, kegiatan fisik cukup menjadi tantangan.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-paru

Melansir CDC, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) merupakan sekelompok penyakit yang membatasi peredaran udara yang membuat penderitanya mengalami kesulitan bernapas dan keterbatasan fungsi fisik.

Bronkitis kronis dan emfisema merupakan dua kondisi yang paling sering terjadi.  

Namun, berdasarkan penelitian di jurnal PLOS One, olahraga Tai Chi terbukti dapat membantu meningkatkan fungsi fisik, keyakinan diri, dan kualitas hidup seseorang dengan PPOK.  

Pasalnya, penelitian tersebut mengatakan bahwa program integratif pikiran-tubuh seperti olahraga Tai Chi menggabungkan aerobik, kekuatan, dan latihan keseimbangan, dengan teknik pernapasan, mindfullness, and kesadaran internal yang terfokus.

Tai Chi memiliki strategi pernapasan yang disebut pola pernapasan lambat.

Pola pernapasan inilah yang berdampak positif bagi tidak hanya fisiologis, tetapi juga psikologis. Hal ini terbukti dari variabilitas denyut jantung, tekanan darah, suasana hati, dan kualitas hidup terkait penyakit, pada populasi PPOK dan non-PPOK.  

Dengan menerapkan olahraga Tai Chi secara teratur, penderita PPOK dapat dengan mandiri menangani gejala kecemasan dan sesak napas. Mereka juga dapat dengan leluasa beraktivitas fisik. 

Menurut studi ini, olahraga Tai Chi tidak hanya baik untuk penderita, tetapi juga bermanfaat untuk orang biasa yang ingin mempertahankan kesehatan paru-paru dan jiwanya.

Baca juga: 19 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Paru-paru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.