6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-paru

Kompas.com - 15/10/2020, 12:15 WIB
Ilustrasi rontgen. ShutterstockIlustrasi rontgen.

KOMPAS.com - Paru-paru adalah salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh. Pada manusia, paru-paru merupakan organ respirasi atau pernapasan yang berhubungan dengan pernapasan dan sirkulasi darah.

Sebagai organ utama dalam sistem pernapasan, menjaga kesehatan paru-paru perlu kita lakukan.

Pasalnya, berbagai penyakit pernapasan bisa menurunkan kualitas hidup seseorang bahkan dapat memicu kematian.

Baca juga: 4 Mitos Keliru Mengenai Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Melansir dari Healthline, penyakit paru-paru (tidak termasuk kanker paru) telah menyebabkan kematian sekitar 235.000 orang setiap tahun.

Kabar buruknya lagi, paru-paru dan berbagai organ lainnya juga menua seiring waktu. Hal ini membuat kekuatannya menjadi berkurang dan penyakit pernapasan bisa dengan mudah menghampiri.

Meski begitu, dengan mengadopsi sejumlah kebiasaan baik, kita dapat menjaga kesehatan paru-paru. Bahkan, kita bisa menjaganya bekerja secara optimal meski telah berusia lanjut.

Lalu, apa saja kebiasaan baik yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru?

1. Tidak merokok

Bukan rahasia lagi merokok sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, tak terkecuali masalah paru-paru.

Merokok telah dikaitkan sebagai pemicu sebagian besar penyakit paru, mulai dari asma hingga kanker.

Dikutip dari lung.org, asap rokok dapat mempersempit saluran udara dan mempersulit pernapasan. Ini dapat menyebabkan peradangan kronis atau pembengkakan di paru-paru.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X