Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 17/03/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Di era yang serba online dan serba disarankan untuk menjaga jarak, interaksi antar manusia menjadi terbatas.

Sebagian orang masih tidak dapat untuk menjalin kontak mata dan kontak fisik sederhana karena interaksi langsung yang semakin jarang.

Namun, tahukah Anda, kontak mata dan fisik sangat penting bagi manusia? Apakah efek yang dihasilkan dari dua gestur simpel ini?

Baca juga: Bukan Sekadar Sentuhan Fisik, Ini 4 Manfaat Kesehatan dari Berpelukan

Berdasarkan jurnal kesehatan di PubMed Central, sentuhan fisik dan kontak tatap muka memiliki efek neurofisiologis yang bermanfaat pada tubuh manusia.

Respons neurofisiologis atau respons sistem saraf terhadap sentuhan melepaskan bahan kimia tertentu dan neurotransmiter yang menyebabkan efek neuroendokrin, seperti stimulasi saraf vagus, pengurangan stres, rasa sakit dan depresi, dan peningkatan imunitas.

Efek positif sentuhan untuk kendalikan rasa sakit

Sentuhan yang bersifat afektif tidak hanya berdampak positif kepada orang sehat, tetapi juga mengurangi beban allostatik (stres) pada pasien sakit kritis.

Reaksi neurofisiologis yang dihasilkan tersebut dapat memediasi persepsi sentuhan dan terbukti bermanfaat bagi proses penyembuhan serta memiliki efek positif untuk mengendalikan rasa sakit.

Kontak mata tingkatkan kemampuan hadapi trauma

Selain sentuhan, interaksi sosial yang melibatkan kontak mata menjadi interaktif umpan balik positif dan meningkatkan kadar oksitosin, atau yang disebut dengan hormon cinta karena berkaitan dengan perasaan kasih sayang.

Tatapan mata antara orang yang cemas dengan pihak yang dipercaya memiliki efek langsung pada sinkronisasi belahan otak kanan dan penenangan sistem saraf simpatik dan amigdala.

Hal ini dapat meningkatkan kemampuan dalam menghadapi trauma.

Baca juga: 10 Tanda Patah Hati Mengusik Kesehatan Mental dan Fisik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+